Rabu, 25 Oktober 2023

BIRU TERUSI MGMP KIMIA MA TUTUP PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DIWARNAI DENGAN KEGIATAN BERBAGI PRAKTIK BAIK

Banyuwangi – MGMP. Bertempat di Ruang Meeting Juhdar Ichsan MAN 4 Banyuwangi Kegiatan In Sevice Learning 6 (IN 6) yang merupakan selangkaian program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang dilenggarakan MGMP KIMIA MA Kabupaten Banyuwangi memasuki bagian akhir program. Kegiatan yang di mulai pada tanggal 21 Agustus 2023 sampai 24 Oktober 2023 terbagi menjadi 6 kegiatan IN dan 3 Kegiatan ON yang dilaksanakan secara bergantian di beberapa madrasah di Banyuwangi mulai dari MA Al Fatah Sragi, MAN 1 Banyuwangi, MAN 2 Banyuwangi, MAN 3 Banyuwangi dan MAN 4 Banyuwangi.

MGMP Kimia MA Banyuwangi secara berturut turut mendapatkan bantuan blogrand dari Bank Dunia melaluai Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) GTK Kemenag RI pada tahun 2021 dan 2023. Beranggotakan 24 guru-guru kimia Madrasah Aliyah sekabupaten banyuwangi secara rutin kompak mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh MGMP Kimia MA yang merupakan Pokja Paling Aktif yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Pada Pelaksanaan Program PKB di tahun 2023 mengambil materi UP Sifat Koligatif Larutan, UP Laju Rekasi, UP Struktur Aton dan Sistem Periodik Unsur serta melaksanakan workshop tentang Kebijakan Kementerian Agama RI terkait tentang Program PKB, Moderasi Beragama dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) serta berbagi praktik baik. 


Kegitan In ke 6 yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai 13.00 WIB pada 24 Oktober 2023 dibagi menjadi 3 sesi yakni sesi pembukaan, sesi pelaporan kegiatan ON dan sesi berbagi praktek baik. Di sesi pembukaan Susanto, M.Pd selaku Ketua MGMP menyampaikan rasa bangga dan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota yang tetap kompak dan semangat dalam mengikuti kegiatan meskipun terkendala jarak yang cukup jauh sampai akhir kegiatan. Susanto dan seluruh anggota juga bersepakat akan terus melaksanakan kegiatan MGMP secara rutin meskipun sudah tidak di cover oleh dana blogrand. Di sesi kedua laporan pelaksanakan kegiatan ON oleh masing-masing team teaching yang terbagi menjadi 3 kelompok team teaching yakni Team Teaching Banyuwangi Utara, Tengah dan Selatan secara bergantian yang dilanjutkan dengan Refleksi. Di sesi akhir kegiatan berbagi praktik baik dipandu langsung oleh Ketua MGMP Kimia MA Kabupaten Banyuwangi bapak Susanto M.Pd. terdapat tiga Kegiatan Praktek baik yang dilakukan : pertama, mengenalkan dan mengajarkan pembelajaran Kimia berbasis IT dengan teknologi AR (Augmented Reality) , augmented reality adalah teknologi yang menghubungkan benda digital dua atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata. Kedua, Membuat Produk Pemanfaatan Barang Bekas/Tidak terpakai dengan membuat Lilin Aroma Terap dari Minyak Jlantah/Bekas. Ketiga, Membuat Sabun Cuci Piring.

Pada Pertemuan Akhir ini begitu istimewa dan elegan dengan dikenakannya baju berwarna biru terusi seragam kebanggan guru kimia yang tergabung dalam MGMP Kimia MA Kabupaten Banyuwangi. Semoga kedepannya MGMP Kimia MA terus jaya, kreatif menginspirasi MGMP/Pokja yang lain khususnya yang ada di Banyuwangi. (S.Chimi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar